Pengalaman Menarik Jalan-Jalan Ke Danau Toba

Salah satu danau yang terkenal dan cukup melegenda di Indonesia tentu adalah danau toba. Danau yang terletak di Sumatera Utara ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer, kedalaman 1600 meter dan tinggi sekitar 900 mdpl. Berkunjung ke Sumatera Utara tak lengkap rasanya jika tidak meluangkan waktu untuk sekedar jalan-jalan ke danau toba. Danau yang konon memiliki cerita rakyat yang cukup mistis ini menyimpan sejuta pesona alamnya yang luar biasa indah. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan danau toba sebagai jujukan tempat wisata favorit. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke danau toba?

1. Mengunjungi museum batak

Berkunjung ke danau toba selain menikmati keindahan danaunya, Anda juga bisa berwisata edukatif dengan mengunjungi museum batak. Batak yang merupakan suku asli sekaligus mayoritas masyarakat Sumater Utara ini memiliki sisi yang unik. Walhasil mengunjungi berbagai hal terkait dengan suku batak tentu menjadi agenda wajib yang tak terpisahkan. Museum ini memang dari segi ukuran terbilang kecil namun, pengetahuan terkait suku batak cukup lengkap. untuk lebih menarik minat wisatawan seringkali di area sekitar museum ditampilkan tarian tradisional suku batak.

2. Makam raja sidabutar

Puas berkeliling melihat langsung barang-barang tentang suku batak, Anda bisa lanjut berkunjung ke makam raja sidabutar. Maka raja sidabutar sejatinya merupakan kawasan makam-makam kuno raja suku batak yang mana untuk sampai ke makam Anda diharuskan melewati sebuah labirin kios souvenir.

3. Berkunjung ke mata air panas

Capek jalan-jalan ke danau toba rasanya badan ingin relaksasi sejenak. Tak perlu khawatir, di sekitar danau toba terdapat mata air panas dengan bau belerang khasnya yang mana cocok untuk Anda yang ingin melepas rasa penat. Selain airnya yang sangat hangat dan nikmat, Anda juda disuguhi dengan pemandangan alam yang indah sehingga menambah pengalaman berwisata Anda.

4. Berkunjung ke desa batak kuno

Tak puas dengan berkunjung ke museum batak, Anda bisa lebih mengenal suku batak dengan berkunjung ke desa batak kuno, desa Ambarita. Desa ini merupakan sebuah desa dimana Anda bisa melihat secara langsung sisa reruntuhan desa batak tempo dulu lengkap dengan kursi batunya yang dulu digunakan untuk pertemuan antar raja lokal serta digunakan sebagai tempat eksekusi para pelaku kejahatan. Untuk memudahkan Anda mengetahui informasi seputar desa ini, Anda bisa juga menyewa seorang tour guide lokal.

5. Bermian kayak

Berkunjung ke danau toba tak lengkap rasanya jika tidak menikmati segarnya air danau toba. Salah satu hal unik yang bisa Anda lakukan selama di danau toba adalah dengan bermain kayak. Selain seru Anda pun bisa lebih dekat dengan alam danau toba yang begitu indah dan asri. Untuk bermain kayak ini Anda bisa menyewa kayak yang banyak ditawarkan di sepanjang danau toba.

6. Main bebek kayuh

Lelah bermain kayak, Anda bisa mencoba bermain bebek kayuh bersama anggota keluarga. Untuk bermain bebek kayuh hampir seluruh penginapan di sekitar danau toba menyediakan fasilitas ini sebagai salah satu fasilitas utama.
Itulah beberapa hal seru yang bisa Anda lakukan ketika jalan-jalan ke danau toba. Danau toba memang tak bisa dinikmati hanya dalam sehari sehingga ketika memutuskan untuk berkunjung ke danau toba Anda perlu meluangkan waktu yang cukup lama. Bagaimana tertarik untuk ke danau toba? Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *